nusakini.com-- Perhelatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) ke-XIV, Kementerian Agama akan mengundang mahasiswa dari luar (asing) yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Diktis Amsal Bachtiar ketika bertemu dengan peserta PW PTK yang berasal dari negara sahabat di Ruang Kerja Rektor IAIN Kendari, Minggu (22/5). 

“Dan, jika kita ingin itu, maka kita harus siap luar dan dalam. Kita harus siap dari segi fasilitas, kegiatan dan lain sebagainya. PW PTK di Kendari ini telah memulai,” ujar Amsal. 

Pada PW PTK ke-13 yang berlangsung 16-22 Mei 2016 di Kendari Provinsi Sultra tersebut, ada 11 peserta yang berasal dari 6 negara,yakni Afganistan, Jepang, Madagaskar, Malaysia, Russia dan Thailand yang kebetulan sedang menuntut ilmu di Indonesia. 

Dalam pertemuan tersebut, Amsal berharap, ke depan, para alumni PW ke-13 dari negara-negara tersebut bisa membentuk semacam komunitas di media sosial sebagai alat silaturahim, agar terbentuk sebuah ikatan emosional yang baik. 

“Ada lebih kurang 56 negara Islam di dunia ini, dari Marokko hingga Indonesia. Dan di setiap negara tersebut, pastilah ada universitasnya. Nah, bagaimana, kita bisa melakukan atau menjalin silaturahim dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi dari negara Islam tersebut. Mungkin kita ke depan bisa menyelenggarakan PW PTKI internasional, atau PW PTK Internasional. Dan para alumni PW PTK ke-13 ini bisa menjadi panitia pendamping,” kata Amsal. 

“Para peserta tak harus bisa bahasa Indonesia. Kita bisa memakai body language atau bahasa isarat. Dan ini akan membuat kegiatan lebih menarik,” tuturnya. 

Amsal melihat, manusia pada dasarnya adalah homoluden; makhluk yang suka bermain. Dan pramuka 70-80 % kegiatannya berupa permainan, namun permainan yang mampu membuat kreativitas dan banyak hal yang muncul dan multi efek pada orang lain. 

“Misalnya, kemarin kita rencana melakukan bedah rumah, satu rumah. Namun dalam perjalanannya, Pemda ikut dan rumah menjadi dua yang dibedah. Harapan kita, ke depan, ada puluhan rumah sejenis dibangun Pemda. Artinya, apa yang kita lakukan, sangat bermanfaat dan pesan berantainya sangat tinggi,” kata Amsal. 

Selanjutnya, kita harus mempromosikan PTK yang kita miliki dengan berbagai cara dan kegiatan. Dengan mengundang peserta dari SMA/SMK/MA. Mellaui PW PTK ke-13 ini, langsung maupun tidak langsung, kita telah melakukan promosi. Dampaknya bisa dilihat, tiap tahun ajaran baru, peminat PTKIN selalu naik. 

Selanjutnya, Amsal berharap, ke depan PW PTK selanjutnya akan lebih menonjolkan ke-Indonesiaan lagi. Menurutnya, PW PTK ke-13 ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Di sini, kita lebih inklusif. Banyak rekan-rekan sebangsa kita undang untuk menyukseskan kegiatan ini. Ke depan, kita akan lebih menunjukkan kita ini satu Indonesia. Keindonesiaan akan lebih kita tonjolkan.  

“Kita beragama, dan kita menghormati satu sama lain. Ini adalah salah satu catatan penting dalam penyelenggaraan PW PTK ke-13 di IAIN Kendari ini,” terang Amsal. (p/ab)